luckykha's story





KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kami kemudahan sehingga dapat menyelesaikan makalah ini. Tanpa pertolongan-Nya mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikannya dengan baik. Shalawat dan salam semoga terlimpah curahkan kepada baginda tercinta kita yakni Nabi Muhammad SAW.

Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada pembimbing kami yang telah membimbing penyusun agar dapat mengerti tentang bagaimana cara menyusun karya tulis ilmiah yang baik dan sesuai kaidah.

Semoga makalah ini dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas kepada pembaca mengenai komputer. Walaupun makalah ini memiliki banyak kekurangan. Penyusun membutuhkan kritik dan saran dari pembaca yang membangun. Terima kasih.

Kuripan, November 2014

Penulis



DAFTAR ISI

Kata Pengantar ............................................................................................................ i
Daftar Isi ..................................................................................................................... ii

BAB I PENDAHULUAN ......................................................................................... 1
A.    Latar Belakang ................................................................................................ 1
B.     Rumusan Masalah ............................................................................................ 2
C.     Tujuan .............................................................................................................. 2

BAB II PEMBAHASAN .......................................................................................... 3
A.    Perangkat Keras komputer .............................................................................. 3
1.      Processor (CPU) ........................................................................................ 3
2.      Motherboard .............................................................................................. 4
3.      Chipset ....................................................................................................... 4
4.      RAM .......................................................................................................... 5
5.      Monitor ...................................................................................................... 5
6.      Hard Disk .................................................................................................. 5
7.      Mouse ........................................................................................................ 6
8.      Keyboard ................................................................................................... 6
B.     Perangkat Lunak Komputer ............................................................................ 7
1.      Perangkat Lunak Sistem ............................................................................ 8
2.      Perangkat Lunak Aplikasi ......................................................................... 8
3.      Perangkat Lunak Pengolah Database ........................................................ 9

BAB III PENUTUP................................................................................................... 10
A.    Kesimpulan ...................................................................................................... 10
B.     Saran ................................................................................................................ 11

Daftar Pustaka
 




BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang

Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.
Definisi yang ada memberi makna bahwa komputer memiliki lebih dari satu bagian yang saling bekerja sama, dan bagian-bagain itu baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya. Istilah mengenai sekelompok mesin, ataupun istilah mengenai jutaan komponen kemudian dikenal sebagai hardware komputer atau perangkat keras komputer.
Hardware komputer juga dapat diartikan sebagai peralatan pisik dari komputer itu sendiri. Peralatan yang secara pisik dapat dilihat, dipegang, ataupun dipindahkan. Dalam hal ini, komputer tidak mungkin bisa bekerja tanpa adanya program yang telah dimasukkan kedalamnya. Program ini bisa berupa suatu prosedur peng-operasian dari komputer itu sendiri ataupun pelbagai prosedur dalam hal pemrosesan data yang telah ditetapkan sebelumnya. Dan program-program inilah yang kemudian disebut sebagai software komputer atau perangkat lunak komputer.
Dalam arti yang paling luas, software komputer bisa diartikan sebagai suatu prosedur pengoperasian. Suatu acara yang ditayangkan oleh TVRI, dapat dianggap sebagai software dari suatu peralatan televisi. Demikian pula halnya dengan musik yang telah direkam diatas kaset, data diatas kertas, serta cerita ataupun uraian yang ada didalam sebuah buku. Secara prinsip, komputer hanyalah merupakan sebuah alat; Alat yang bisa digunakan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Untuk bisa bekerja, alat tersebut memerlukan adanya program dan manusia. Pengertian manusia kemudian dikenal dengan istilah brainware (perangkat manusia).
Pengertian brianware ini bisa mencakup orang-orang yang bekerja secara langsung dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu, ataupun orang-orang yang tidak bekerja secara langsung menggunakan komputer, tetapi menerima hasil kerja dari komputer yang berbentuk laporan


B.     Rumusan Masalah

Dari latar belakang diatas maka rumusan masalahnya yaitu :
1.      Apakah yang dimaksud dengan hardware?
2.      Apa saja perangkat keras komputer?
3.      Apa yang dimaksud dengan software?
4.      Apa saja perangkat lunak komputer?


C.    Tujuan

Tujuan dari pembuatan makalah ini yaitu :
1.      Untuk mengetahui apa yang disebut hardware serta macam – macamnya
2.      Untuk memahami apa yang dimaksud dengan software dan macam – macamnya
3.      Untuk menyelesaikan tugas KKPI


BAB II
PEMBAHASAN

A.    PERANGKAT KERAS KOMPUTER

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgLpmRHOi-KTcuGOKbJtyj90jucY9pa0N8H0jxtOo0k2UXRvnOWQgHW4G0hI95etuHrBg0hW2zYdFOTcoUKaKHfqYeDg9BGu9PqCB6OStGyPSl9yO6RZpsyLle_OAsOmkdyLFygzuCOb60/s200/perangkat+keras+komputer.jpg
Pengertian perangkat keras atau lebih sering disebut dengan "hardware" adalah : adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi

Dibawah ini adalah nama disertai gambar dari perangkat keras pada komputer beserta fungsi dari perangkat keras tersebut
1. Processor (CPU)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjIMbLmn0cHpPEN_vwdaIgAgP-iaEkZsaqI5_asQUaXSjLMxiOgU_1pXr-5_F8Hns0zeWFYQsuC7abW0CJ7L5mM33KjBGoJZVN8zCZFB6LRbkp6parOVuV2uGtiYlZEzi1dJ9L_5BhE4c8/s200/intel_core-i7-processor.jpg
alat ini bernama Processor letaknya menempel pada motherboard Fungis utama perangkat keras komputer ini adalah memproses semua informasi yang di input kemudian memeberikan output tindak lanjut proses pada hardware lain.
 2. Motherboard
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjnzJlmfd-capZcZkmgb8zKMIsEzJj2YVItu8wRr-uEKdXTSI32U36MUP7Cgu73rG3ZqjY-ILc2g26d3PjvNOLz3nVFxm94_1PyuEtr90UGWH-231zorFtX7TM7YVtIc-0ckYEKhte9LrQ/s200/motherboard-bridges.jpg
Motherboard – adalah papan sirkuit yang di guanakan untuk menempatkan Perangkat keras komputer lainnya seperti Processor,RAM dan sebagainya bentuknya yang paling lebar dan tempat menempel komponen dan soket soket lainnya
3. Chipset
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgudb14zaM8jhkNLfpoYwdmPZAB4ITIRQYcYFRghP_xy8mBWlKv1QUq9mtmoCT2wrRmqgtXRGjasIsRUuFpoxKzI_FzqoEtlL_VNqKsGlbxBm9IYnk9nS40VbQ775gX4YoxDAWx353rpi8/s200/chipset_8062.jpg
Chipset adalah perangkat keras komputer yang terpasang / menempel pada motherboard, chipset berfungsi sebagai penghubung processor ke seluruh bagian motherboard. Chipset terdiri dari dua yaitu Northbridge dan Southbridge semua bagian komputer berkomunikasi dengan CPU melalui perangkat keras chipset.
Northbridge menghubungkan secara langsung ke prosesor melalui Front Side BUS (FSB). Sebuah memory controller terletak pada Northbridge, yang memberikan akses cepat CPU ke memori . Perangkat keras komputer Northbridge juga terhubung ke AGP atau PCI Express bus dan ke memori itu sendiri.
Southbridge lebih lambat dari Northbridge, dan informasi dari CPU harus melalui Northbridge sebelum mencapai southbridge. Bus lain terhubung Southbridge ke bus PCI, USB port dan IDE atau SATA koneksi hard disk

4. Random Access Memory (RAM)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjab5ar2TO7LOk-wH7HMM-eXvnunJAwxb7Fy7bk358nHGmW1HnZjnB_Lmd0OctoZrs4Bd1XgQ_JjIE77q0Oy6K2nbLP55OTJuI7lGHZKoBhYtEBq4RgHAIkDfg6yM_h4bTcm5ClcRlbsW0/s200/computer-memory-ram.jpg
alat ini lebih sering kita sebut dengan memory walaupun fungsinya berbeda dengan memory yang biasa kita pakai pada hp atau penyimpanan data lainya. Fungsinya adalah digunakan sebagai penyimpanan data sementara sehingga memudahkan Processor dalam memproses data. RAM jauh lebih cepat dalam memproses data, Tetapi apa bila komputer dalam kondisi OFF Memory RAM akan kosong artinya tdk bisa menyimpan data dalam jangka panjang, RAM akan terisi memory dalam hal ini intruksi ketika komputer mulai bekerja dan di gunakan untuk meringankan kerja processor.
5. Monitor
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhc01_DmrNc1xzvUy9N8l_NVyZ3bZbcgRMvUoRL6wge_6E8NYuXhDmaqtCPxhEE_jjoZoXwiMIaeFRPmJI1lq3PFZ7Zb7o5DQrASj7JXyqY3Q6O4-UB9yn8yGZEj0TXMkCBIytySw1BSP4/s200/gateway_fpd2185w_21_inch_lcd_monitor_1.jpg
Monitor adalah alat yang kita lihat sekarang ini, berfungsi untuk menampilkan informasi yang bisa kita lihat, ada dua jenis monitor sekarang ini, ada monitor lcd dan monitor tabung, gambar monitor ini adalah monitor lcd
 6. Hard Disk
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi6ne9NtpG_WTQhsXOESZH-O6cewDOEuZfGpM6pzlzPubTWAuMc9UqXXWJPa15TkHLePBudtgiNj1b8ooVWIs7N83DA9NGYDx1Ohyphenhyphenh8oMBFJ7p1nQDYSn0SNmblYLLZ7SudkEPTLeXEQxY/s200/HDD-ST340014A-N-unit.jpg
Hard Disk adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk menyimpan data, seperti video dan lagu lagu mp3 yang kita lihat dan dengarkan pada komputer dan file2 data lainnya, semua itu disimpan di dalam Hard Disk
7.Mouse
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiG3qtQR4EfgyLW7ew20smm01oHJ0w1QnMexZtWnMjAPMvQzh-0cO52ETAm2GBQ9ulAd850L-1toaHWIZ5xsNb0C60d0a_NaxroQ-1Q2yKUREOZcY8DGz2qWVZfC73LyuHQk72mExcfpP0/s200/glaser_mouse_front1.jpg
di gunakan untuk mengontrol pergerakan cursor pada komputer, Mouse di ciptakan untuk memudahkan brainware (pengguna) dalam mengelola data/objek pada komputer yang sebetulnya bisa di kerjakan oleh keyboard, tetapi dengan menggunakan mouse akan nampak lebih mudah. Mouse sangat berfungsi ketika bekerja dengan grafis dan edit video ataupun aplikasi game lainnya.
8.Keyboard
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi0IWYk73NB49zmyjy_0oHtoaJO3aV9qZ6c2QWzv4MiIpsv-sQhyfQuTWolabCKILjDOlfk4P6A29XGO2ZmeaZgeO2O-4vlJL_MdoM6nMXa0FANcSitAfhUcXT0DGHqf9NaNYuU_jVV-l4/s200/KEYBOARD.jpg
di gunakan untuk menginput data ke CPU, dengan keyboard dapat memudahkan pembuatan document dan sejenisnya pada komputer. Sebuah keyboard terdiri dari huruf abjad, angka dan symbol yang kemudian bisa berkomunikasi data dengan CPU sehingga bisa berproses dan menghasilkan output pada monitor atau lainnya .
Perangkat keras diatas adalah perangkat keras yang membangun satu komputer rumahan,masih banyak lagi perangkat keras lainnya seperti printer,flasdisk,webcamp,modem,scanner,cd room,cd rw,dvd room,tv tuner.dll. namun semua perangkat keras tersebut adalah perangkat keras tambahan

B.     PERANGKAT LUNAK KOMPUTER

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa perangkat lunak atau lebih dikenali dengan sebutan software ini adalah perangkat komputer yang berupa aplikasi yang berfungsi sebagai penghubung antar elemen yang terdapat dalam sebuah sistem komputer. Dengan adanya perangkat lunak ini tentunya akan semakin mempermudah dalam mengerjakan tugas maupun menyelesaikan persoalan ataupun masalah yang sering kita hadapi.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgq1Tl2I7mTBDoA5slSzmfW3naaIKTmHOomA-7bdwkIn8yE_nhQz0PuEs2-2C_pg1BAvJeZJWiw5YtjSRQ6gzwa9P6d1-SnKy0gWrGX4Q1vleXFcN_wGuMjMKh_gDX9U7arClyZ7TLIZend/s1600/Perangkat+Lunak+Komputer+dan+Fungsinya.jpg
Image source : Google Images

Ada banyak jenis perangkat lunak yang sering kita jumpai, dalam satu unit komputer dapat kita temukan ratusan bahkan ribuan macam perangkat lunak yang dapat kita jumpai. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan belajar sedikit mengenai perangkat lunak komputer dan fungsinya.

Perangkat lunak komputer terdiri dari beberapa aspek, antara lain:
1.      Perangkat Lunak Sistem

a.      Sistem Operasi / Operating System (OS)

Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang bertugas untuk mengendalikan dan mengatur hubungan antara komputer dengan perangkat keras (hardware) operasi dasar sistem, termasuk melakukan eksekusi terhadap software.

b.      Bahasa Pemrograman (Program Language)

Bahasa pemrograman sering juga disebut dengan istilah Program Language, adalah sekumpulan intruksi dan aturan- aturan yang ditulis secara khusus kedalam bentuk kode- kode yang dapat dibaca oleh komputer untuk dapat melaksanakan fungsi dan tugas-tugas tertentu.

c.       Program Utility

Adalah sebuah perangkat lunak yang terdapat pada komputer yang dibuat untuk menunjang sebuah performa dan melengkapi kinerja Operating System atau sistem operasi, beserta mendukung dari segi keamanan pada komputer, misalnya AntiVirus.

2.      Perangkat Lunak Aplikasi


a.      Perangkat Lunak Pengolah Kata


Program aplikasi pengolah kata dipergunakan untuk mengolah data berupa kata, seperti pengolahan naskah, skripsi, makalah, artikel, sertifikat, beserta teman-temannya. Contoh dari perangkat lunak pengolah kata adalah Microsoft Word, Open Office, Word Perfect, dan lain-lain.


b.      Perangkat Lunak Pengolah Angka


Perangkat ini pada umunya berfungsi untuk mengolah data berbasis angka, menyelesaikan perhitungan ataupun fungsi counting. Dalam aplikasi ini kita akan dapat menyelesaikan perhitungan dengan akurat apabila kita menggunakan rumus dengan baik dan tepat. Contoh aplikasinya adalah : Loctus123, Microsoft Excel, dan sebagainya.



c.       Perangkat Lunak Pengolah Presentasi


Adalah sebuah program yang difungsikan untuk merancang slide yang akan dipergunakan sebagai bahan materi presentasi dalam sebuah pertemuan, rapat, maupun seminar. Contoh dari program pembuat presentasi adalah Kpresentase, Microsoft Office Power Point dan lain lain.

3.      Perangkat Lunak Pengolah Database

Merupakan software yang berfungsi untuk mengolah data dalam jumlah yang besar. Dengan menggunakan perangkat lunak yang satu ini  kita dapat menyunting maupun melakukan input data secara tepat dan akurat. Contoh dari aplikasi pengolah database ini adalah Microsoft Access, Foxpro, Dbase, Mysql dan lainnya.



BAB III
PENUTUP


A.    Kesimpulan

Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.
Pengertian perangkat keras atau lebih sering disebut dengan "hardware" adalah : adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Macam – macam hardware diantaranya:
1.      Mouse
2.      Motherboard
3.      Keyboard
4.      Monitor
5.      RAM
6.      Dll
software adalah perangkat komputer yang berupa aplikasi yang berfungsi sebagai penghubung antar elemen yang terdapat dalam sebuah sistem komputer.
Macam – macam software diantaranya :
1.      Microsoft
2.      Linux
3.      Loctus
4.      Mozila
5.      Dll.




B.     Saran

1.      Jangan Meletakkan Benda Cair Dekat Komputer
Jauhkan perangkat komputer dari benda cair. Contoh dari benda cair adalah minuman, minyak wangi, atau yang lainnya. Yang paling sering terjadi adalah minuman, ya, kebanyakan pengguna meletakkan minuman di dekat komputer. Hal itu sangat tidak dianjurkan, sebab akan fatal akibatnya apabila minuman itu tumpah dan mengenai perangkat komputer. Bisa saja perangkatnya mengalami korsleting atau rusak intern. Jadi, sebisa mungkin Anda menjauhkan benda cair dari perangkat komputer.
2.      Wajarlah dalam Berkomputer – Jangan Berlama-lama Memainkan Komputer
Komputer bukanlah alat elektronik yang sempurna, yang mampu dioperasikan sekian lama tanpa batas wajar pemakaian. Jangan mengoperasikan komputer selama lebih dari 10 jam. Sebab, hal itu akan menurunkan kinerja dari masing-masing perangkat komputer. Pun, memainkan komputer dalam jangka waktu lebih dari 10 jam juga akan merusak pandangan mata kita. Jadi, dampaknya lebih kompleks apabila mengoperasikan komputer selama berjam-jam tanpa beristirahat, yaitu pada perangkat komputer dan pengguna komputer itu sendiri.
3.      Berhenti Mengakses Internet Ketika Hujan
Sangat berbahaya apabila Anda tetap ‘ngeyel’ berselancar di internet sekalipun hujan lebat. Akibat fatal yang akan terjadi bisa saja petir menyambar perangkat komputer Anda. Dan, apabila sudah demikian maka tidak ada harapan lagi, komputer akan mengalami rusak parah. Sekali lagi penulis tekankan, petir dapat menyambar benda apapun termasuk komputer kita yang terkoneksi dengan internet. Untuk itu, lebih berhati-hatilah dalam mengoperasikan komputer apalagi dihubungkan dengan koneksi internet.

Label: | edit post